Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo terletak di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tidak begitu jauh, hanya sekitar 19 km dari pusat kota, dan mudah untuk diakses. Parkir kendaraannya pun luas, hanya berjalan sekitar 100 meter untuk tiba di grojogan.

Awal mulanya…grojogan ini merupakan dam untuk menahan aliran lahar bila terjadi erupsi. Dan sudah ada sejak tahun 1975, tapi baru dikelola menjadi tempat wisata mulai tahun 1975.

Grojogan ini mempunyai mempunyai 6 tingkatan. dan setiap tingkatan dibuat jembatan, sehingga pengunjung bisa menelusuri dan mencapai tengah2 grojogan dengan mudah. Kita bisa berpoto2 dengan latar belakang grojogan di setiap tingkatan. Tapi harus berhati2 karena agak licin, dan berbahaya kalau sampai terpeleset.

Waktu kami mengunjungi grojogan ini, aliran air tidak terlalu deras karena sudah memasuki musim kemarau. Sebaiknya mengunjungi grojogan ini di awal2 musim penghujan. Aliran air bisa mengisi setiap grojogan secara merata. Apabila curah hujan terlalu lebat juga tidak bagus lagi, karena aliran air menjadi coklat karena bercampur lumpur.

Selain berpoto2 di grojogan…kita juga bisa terus turun sampai ke aliran sungai di bawah grojogan. Jadi bisa mengambil poto dengan view Grojogan Watu Purbo.

Oya…sebagai informasi tambahan, tempat wisata Grojogan Watu Purbo ini sedang dalam tahap pegembangan dan terus berbenah. Sudah tersedia fasilitas umum, seperti toilet, gazebo, dan pendopo. Ada juga hiburan lain, mendengarkan live musik sederhana sambil duduk2 di gazebo. Waktu artikel ini ditulis…tiket masuk sebesar Rp 3.000,-/orang dan parkir mobil Rp 5.000,- saja.

Grojogan Watu Purbo ini sangat menarik untuk dikunjungi untuk segala lapisan usia, karena aksesnya yang relatif mudah.

Sampai jumpa sobat pergi2terus….

One Reply to “Grojogan Watu Purbo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *