Krabi : Hoping Islands

Krabi merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat menarik di Selatan Thailand. Berjarak sekitar 185 km dari Phuket, pulau ini menawarkan wisata alam, terutama pantai dan pulau2 di sekitarnya yang terkenal sangat indah.

Kami memulai perjalanan dari Kuala Lumpur dengan menggunakan penerbangan Air Asia. Tiba di Krabi Internasional Airport sudah menjelang sore. Dari Airport kami langsung menuju Hotel Kokotel Krabi Oasis di Ao Nang, yang berjarak 12 km dari pusat kota Krabi. Ao Nang sendiri adalah kawasan pantai yang menjadi pintu masuk dan keluar untuk perjalanan menuju pulau2 wisata di sekitar Krabi. Oya…seperti biasa, untuk transportasi dan hotel sudah kami booking langsung dari Surabaya.

Pantai Ao Nang ini sangat terkenal di kalangan para wisatawan, karena banyak terdapat hotel, restoran, dan bar. Juga di sepanjang jalan dekat pantai, banyak toko dan pedagang souvenir. Sangat menyenangkan bagi yang suka berbelanja dan berburu cindera mata, atau sekedar oleh2. Oleh karena itu sesampainya di hotel, kami segera mandi membereskan barang bawaan. Kemudian keluar untuk makan malam di sekitar pantai, setelah itu berburu souvenir yang menarik. Masakan khas Thailand yang tidak boleh dilewatkan adalah Pad Thai dan Tom Yum.

Di hotel tempat kami menginap, menawarkan juga fasilitas tour harian. Tour hoping island yang ditawarkan antara lain, Phi Phi Island Fullday, Krabi 4 Island Tour (mengunjungi Phra Nang Cave, Tup Island, Chicken Island, dan Poda Island), Hong Island Tour, Climbing, Diving, Kayaking, Elephant Treking, Tiger Cave Temple, dan masih banyak atraksi wisata lainnya.

Karena waktu yang terbatas, kami memilih untuk mengambil Hong Island Tour. Memerlukan waktu 1 hari (jam 9.00-16.00), tour ini mengunjungi beberapa pulau di sekitar Krabi, seharga 1000 baht/orang (sekitar 450 ribu rupiah) termasuk makan siang dan peralatan snorkeling.

Keesokan harinya sekitar jam 9.00 pagi, kami dijemput dengan songtheaw, kendaraan umum Thailand, menuju Nang An Pier, pelabuhan boat yang mengantar para wisatawan ke pulau2 di sekitar Krabi.

Hong Island Tour

Pulau pertama yang kami kunjungi adalah Koh Pak Bia. Pulau kecil ini termasuk di antara kepulauan Koh Hong. Dan menjadi tujuan populer bagi para wisatawan yang ingin mencari tempat yang tenang untuk bersantai. Pasir di pantai pulau ini tidak halus, melainkan agak kasar seperti kerikil2 kecil yang agak kekuningan. Kita bisa menjelajahi pulau ini sambil mencari tempat2 yang bagus untuk berpoto, atau bisa juga snorkeling di pinggiran pantai untuk melihat berbagai spesies ikan.

Selanjutnya kami menuju pulau berikutnya yaitu Koh Lao Lading (Pulau Lading). Di pulau ini terdapat teluk kecil dengan pantai berpasir putih dan halus. Pantainya tidak terlalu luas tetapi banyak pepohonan, terutama pohon kelapa, sehingga kita bisa berteduh dan beristirahat menikmati pemandangan laut. Di sini kami menyantap makan siang yang nikmat.

Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke pulau berikutnya, Hong Island. Pulau ini merupakan bagian dari Thanbok Kharanee National Park. Pulau dengan pantai berpasir putih halus, terumbu karang, dan laguna yang indah. Di sini kita bisa berenang, snorkeling, dan menikmati keindahan taman nasional yang menakjubkan.

Dalam perjalanan kembali ke Ao Nang Beach, kami mengunjungi Hong Lagoon. Laguna yang sangat unik, karena untuk masuk ke laguna ini boat kami melewati lorong sempit yang diapit 2 karst (bukit batu). Jadi keluar masuk boat melalui lorong yang menjadi pintunya.

Menjelang sore kami baru kembali Pantai Ao Nang tepat menjelang matahari terbenam. Kami melewati sore di Pantai Ao Nang sambil menikmati keindahan matahari terbenam.

Tiger Cave

Hari berikutnya kami merencanakan untuk mengunjungi Tiger Cave. Tetapi karena belum puas menikmati keindahan Pantai Ao Nang, kami bangun agak pagi dan jalan kaki menuju pantai karena tidak terlalu jauh dari hotel kami menginap. Ternyata selain pantai ada tempat2 bagus untuk hunting poto.

Setelah makan pagi, kami booking mini van untuk menuju Krabi Town. Di Krabi Town kami menginap di Green House Hotel. Setelah check in hotel, kami menyewa songtheaw untuk pergi ke Tiger Cave. Tiger Cave atau Wat Tham Sua terletak 5 km di timur laut dari pusat Kota Krabi. Di pintu masuk Tiger Cave berdiri megah dan besar sepasang patung harimau.

Yang sangat unik dan menakjubkan di Tiger Cave ini adalah Patung Buddha yang terletak di atas bukit. Untuk mencapai situs bersejarah ini kita harus mendaki 1.237 anak tangga. Pendakian yang sangat menantang dan melelahkan. Tetapi setelah mencapai puncak, kita dihadapkan pada pemandangan alam yang indah dari puncak bukit. Kita bisa melihat sebagian Kota Krabi, Laut Andaman, dan hutan di kejauhan. Dan ini lah Patung Budha besar dan megah di atas bukit Tiger Cave :

Sepulang dari Tiger Cave…kami menuju Thara Park. Thara Park merupakan jalan setapak sekitar 1,6 km menyusuri tepi Sungai Krabi. Jalan setapak yang terbuat dari beton ini sangat nyaman untuk pejalan kaki. Dan menawarkan perjalanan santai yang menyenangkan melewati taman2 kecil yang dikelola dengan baik. Dan terdapat beberapa restoran makanan laut lokal. Kami makan siang di satu restoran yang sangat rekomended yakni Bai Toey Seafood Restaurant. Restauran ini persis di tepi Sungai Krabi. Menurut kami, masakan khas Thailand di restoran ini sangat enak.

Setelah selesai makan siang, kami menyusuri tepi Sungai Krabi, sambil ngobrol dan poto2. Sangat menyenangkan karena hari mulai sore dan tidak terlalu panas. Sehingga akhirnya kami tiba di icon Kota Krabi. Dan tentu saja tidak boleh dilewatkan untuk berpoto di sini.

Selesai sudah perjalanan kami di Krabi. Segera kembali ke hotel…istirahat, karena esok pagi2 kami harus ke bandara untuk kembali ke tanah air tercinta.

Sampai jumpa…dan salam pergi2terus…

2 Replies to “Krabi : Hoping Islands”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *